Jul 9, 2016

Tips Berbelanja Online Dengan Aman


online shops
Belanja online kini sedang  menjadi tren di sebagian besar masyarakat. Pertumbuhan bisnis online juga cukup besar dari tahun ke tahun. Beberapa situs belanja baik B2C maupun market place banyak bermunculan.  Nah, buat kalian sobat b;ogger yang hobi belanja online, berikut ada tips-tips enarik yang dimuat di Tabloidku, sebuah tabloid nasional gratis dengan oplah terbesar di Indonesia.

Bagi Anda yang super sibuk, berbelanja secara online adalah pilihan yang dirasa paling pas. Kemudahan mencari barang yang diinginkan dan tidak perlu repot mendatangi toko menjadi alasannya. Tipe di bawah ini bisa membantu Anda berbelanja secara online dengan aman.


  1. Gunakanlah situs yang sudah dikenal.
  2. Mulailah dengan situs yang sudah dikenal dan punya reputasi, dibanding kans mencari situs lewat mesin pencari. Bisa juga Anda mengecek kebenaran situs  tersebut lewat Police Online dan mengetik URL toko yang diinginkan. Hati - hati dengan salah ejaan atau huruf nama situs tersebut. Sebab, banyak situs jebakan dengan nama yang mirip atau berbeda hanya satu atau dua huruf saja. Setelah itu, cek kebenaran nomer telepon yang tercantum di situs tersebut.
  3. Perhatikan adanya HTTPS://
  4. Jangan pernah berbelanja online dengan menggunakan kartu kredit di sebuah situs yang tidak memiliki HTTPS://. Adanya HTTPS membuat informasi data pribadi, nomer rekening bank, dan nomor kartu kredit atau lainnya akan dienkripsi untuk menjamin keamanannya. Ingat juga, janganlah sekali kali mengirimkan nomor kartu kredit atau nomor rekening lewat e-mail.
  5. .Proteksi komputer dengan Antivirus
  6. Para penipu di dunia maya selalu siap mencuri data kita. Terkadang mereka memberikan pancingan untuk mengundang Anda masuk ke situsnya. Karenanya, pastikan selalu memperbaharui program antivirus di komputer Anda.
  7. Hindari komputer umum
  8. Jangan pernah menggunakan komputer di tempat penyewaan komputer untuk berbelanja online. Bila sangat terpaksa, pastikan komputer sudah di log off setelah menggunakannya. Bagaimana bila menggunakan laptop sendiri tetapi di tempat umum? Bila Anda harus memasukkan nomer rekening atau kartu, pastikan layar laptop tertutup dengan badan Anda dari pandangan orang lain. Jangan lupa untuk selalu mematikan komputer atau laptop usai bertransaksi.
  9. Teliti kebijakan situs
  10. Terkini kebijakan situs tentang informasi data pribadi Anda. Jangan sampai ada klausul yang membolehkan penggunaan data pribadi  Anda untuk pihak lain. Begitu pula tentang kebijakan pengembalian barang bila tidak sesuai dengan pesanan atau ada cacatnya.
  11. Baca deskripsi produk yang akan dibeli
  12. Jangan tergiur barang bermerk dengan diskon besar tanpa membaca deskripsi barang tersebut. Apalagi bila tawaran barang tersebut datang melalui e-mail. Sebaiknya, bandingkan harga barang tersebut dengan situs belanja online lainnya yang terpercaya. Lebih baik lagi bila pembelian barang tersebut ada garansinya.
  13. Pertimbangkan cara pembayaran
  14. Pembayaran dengan kartu kredit memang bisa menjadi bukti bahwa Anda sudah melakukan transaksi, bila barang tidak terkirim. Namun, dengan semakin maraknya pencurian data kartu kredit, akan lebih baik bila pembayaran dilakukan dengan cara ditransfer. Bisa juga Anda memilih toko online yang memiliki fasilitas rekening bersama atau Escrow. Fasilitas ini membuat uang yang telah ditransfer akan disimpan dahulu oleh pihak kedua. Jadi, bila barang yang Anda terima tidak sesuai dengan pesanan, makan uang Anda akan dikembalikan oleh pihak kedua.
  15. Simpan bukti transaksi
  16. Jangan lupa untuk selalu menyimpan bukti transaksi yang telah Anda lakukan. Begitu pula dengan kuitansi digital yang terkirim dan e-mail antara Anda dan pihak toko online.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer: Opinions expressed in comments are those of the comment writers alone and does not reflect or represent the views of Bangkutaman.com